HEBOH Lady Gaga Menghina Bendera Thailand

[imagetag]

Berdasarkan informasi yang dirilis detikcom, Lady Gaga yang dijuluki Mother Monster dilaporkan ke polisi akibat menyalahgunakan bendera negara Thailand ketika sedang konser di Bangkok. Penyanyi kontroversial ini dinilai melukai kebanggaan rakyat Thailand dengan menempatkan bendera Thailand pada posisi yang tidak semestinya.
Terkait hal tersebut, Kementerian Kebudayaan Thailand melaporkan Lady Gaga ke polisi. Pihak kementerian menilai, penyanyi berusia 26 tahun ini menyalahgunakan bendera nasional Thailand yang menjadi kebanggaan rakyat Thailand.
Dalam salah satu penampilannya di Bangkok bulan lalu, Gaga yang berpakaian minim terlihat mengenakan hiasan kepala tradisional khas Thailand, sembari duduk di atas sebuah sepeda motor. Yang menjadi permasalahan, ada sebuah bendera Thailand yang sengaja dipasang di bagian belakang sepeda motor tersebut. Bendera tersebut terpasang agak di bagian bawah dan dekat dengan bagian roda sepeda motor.
"Sangat tidak patut dan melukai sentimen rakyat Thailand," ujar salah seorang pejabat senior kementerian yang enggan disebut namanya, seperti dilansir oleh AFP, Jumat (15/6/2012).
"Kami tidak meminta polisi untuk mengadilinya secara hukum, tapi kami hanya melaksanakan prosedur normal dengan melapor kepada lembaga terkait ketika kami menerima pengaduan masyarakat," imbuh pejabat tersebut.
Lebih lanjut, pihak Kementerian Kebudayaan Thailand menjelaskan, bendera nasional Thailand terdiri atas 3 warna yang masing-masing memiliki makna mendalam. Warna merah melambangkan bangsa, warna biru melambangkan kerajaan yang agung, dan warna putih melambangkan agama. Oleh karenanya, bendera tersebut tidak bisa digunakan secara sembarangan.
Sebelum kasus ini, Lady Gaga juga pernah menuai protes dan kritikan dari sejumlah pihak. Saat baru tiba di Thailand, dengan maksud bercanda Gaga berkicau dalam akun Twitter-nya soal niatnya membeli jam Rolex palsu di pasar Bangkok. Sejumlah pihak menilai, lelucon ini menghina Thailand. Kendati demikian, konser rangkaian "Born This Way Ball 2012″ yang digelar di Bangkok berlangsung sukses dan dihadiri sekitar 50 ribu penggemar.