Susi Susanti: Regenerasi Atlet Bulu Tangkis Gak Bisa Instan

[imagetag]

Minimnya prestasi olah raga Indonesia tak hanya di satu cabang olah raga (cabor) saja. Di cabor yang dulu sempat mengibarkan Merah Putih di mata dunia, bulu tangkis sekalipun mengalami hal yang sama.

Menurut maestro bulu tangkis Indonesia Susi Susanti, terpuruknya bulu tangkis tanah air belakangan ini lantaran belum terlihatnya generasi-generasi hasil pembinaan yang telah berjalan.

"Saya pikir pembinaan dan regenerasi terus menerus dilakukan. Karena mungkin generasi akan datang yang muncul," katanya, Kamis (7/6).

Menurut Susi, menumbuhkan generasi badminton dan olah raga lain tak dapat dilakukan secara instan. "Mana mungkin menyiapkan atlet berprestasi cuma sebulan. Gak mungkin. Butuh waktu untuk itu," ujarnya kala dijumpai pada acara London 2012 Olympic Games di Senayan City.

Bahkan sebenarnya, pembinaan regenerasi tanpa dukungan orang terdekat ikut berpengaruh kepada atlet itu. "Orang tua juga merupakan faktor utama support. Karena atlet butuh motivasi, bimbingan dan support," imbuh istri Alan Budikusuma ini.