Acha: Pemerintah Harus Giving Back to the Society

Acha: Pemerintah Harus Giving Back to the Society

Acha Septriasa
[imagetag]

Acha Septriasa

Acha Septriasa yang merupakan penyanyi, pemain film, bintang iklan, dan juga pernah membintangi beberapa sinetron ini mengaku bahwa dirinya merasa beruntung karena berprofesi sebagai artis. "Artis itu termasuk pembayar pajak yang taat di negara ini, karena setiap honor yang kita terima sudah dipotong pajak. Nah alokasi dananya ke mana setelah itu lah yang mungkin menjadi misteri untuk masyarakat," ungkap Acha.

Lantas bagaimana pendapat Acha tentang reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak? "Jujur, saya belum melihat dampak secara langsung dari reformasi birokrasi yang ada. Namun, yang paling penting adalah pajak yang sudah diterima oleh Pemerintah ini diharapkan bisa membiayai sarana dan pra-sarana yang ada dan digunakan oleh masyarakat pada umumnya," ucap wanita pernah berakting di film HEART ini.

Sikap masyarakat yang cenderung apatis dan acuh tak acuh mungkin tidak bisa dipersalahkan 100%. Tentunya dengan kasus penggelapan pajak yang memang diekspos oleh media, sedikit banyak memiliki dampak untuk masyarakat. Namun, kita juga harus mengangkat topi untuk KPK yang telah berhasil mengusut beberapa kasus penggelapan pajak di Indonesia. Bagaimana tanggapan Acha mengenai penangkapan beberapa oknum yang melakukan pengelapan pajak?

"Saya rasa sih dengan adanya penangkapan ini bisa membawa perubahan yang drastis karena dengan adanya perubahan diberlakukan sistem yang lebih transparan. Hal ini bisa dijadikan kalau keadilan memang ditegakkan untuk orang-orang tertentu yang menyalahgunakan wewenang," ungkap Acha dengan anda berapi-api.

Artis yang sudah menyelesaikan bachelor degree nya di negara tetangga ini mengaku belum pernah mengalami perlakuan-perlakuan yang tidak semestinya dari oknum pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Lalu apa yang menjadi saran Acha untuk kemajuan Reformasi Birokrasi Pajak di masa mendatang?

Mendapat pertanyaan seperti itu, wanita berzodiak Virgo ini langsung menjawab, "Menurut saya harus ada sosialisasi yang terus menerus dari Ditjen Pajak, sehingga masyarakat juga memiliki kesadaran untuk membayar pajak dengan keyakinan bahwa dana tersebut memang dialokasikan untuk kepentingan mereka juga. Semoga tidak ada lagi kerugian sekecil apapun untuk masyarakat. Yang paling penting adalah Pemerintah harus menciptakan lembaga yang terpercaya untuk rakyat, jangan hanya memotong uang rakyat tanpa ada giving back to the societynya," tandasnya.