Temuan Baru Ungkap Sebab Hilangnya Telkom-3

[imagetag]



VIVAnews -Sumber penyelidikan pemerintah Rusia mengungkap dugaan baru gagalnya peluncuran Satelit Telkom-3 dan Ekspress-MD2. Kegagalan itu disebabkan kerusakan di pipa bahan bakar roket Proton-M sehingga dua satelit itu batal mengorbit.

Sumber pemerintah seperti dikutip harian Rusia Kommersant mengatakan telemetri menunjukkan tekanan di level atas Briz-M turun tajam setelah pembakaran kedua. Ini menyebabkan roket Proton-M lepas kendali. Telemetri adalah sebuah teknologi pengukuran jarak jauh dan pelaporan informasi kepada perancang atau operator sistem.

Peluncuran itu sebenarnya dijadwalkan menggunakan empat pembakaran dari Briz-M untuk menempatkan Satelit Telkom-3 dan Satelit Rusia Ekspress MD2 ke orbit.

Menurut sumber tersebut pipa bahan bakar Briz-M kemungkinan mengalami kerusakan mekanis atau karena beberapa benda tak dikenal.
Gagalnya peluncuran tersebut telah mendorong Badan Antariksa Rusia Roscosmos menangguhkan semua Proton-M sampai penemuan penyelidikan dikembalikan.
Roscosmos menolak mengomentari penyebab kegagalan itu ketika dihubungi oleh RIA Novosti. Tahun lalu kerusakan dari roket pendorong Briz-M menyebabkan hilangnya satelit telekomunikasi Express-AM4.


viva.co.id