Tips dan Cara Mudah Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Tekstur kulit wajah atau muka akan terlihat sangat halus saat pori-pori mengecil. Bahkan Anda akan tampak lebih muda. Keuntungannya, Anda juga tidak perlu menggunakan make up lagi untuk tampil cantik.
Faktanya, banyak dari kita yang justru kesulitan untuk mendapatkan kulit mulus ini. Berbagai perawatan untuk mengecilkan pori-pori pun menjadi perawatan yang paling dicari. Sebenarnya, Anda juga dapat melakukan perawatan kecantikan sendiri untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda di rumah, untuk mendapatkan hasil yang tidak kalah dengan perawatan berteknologi tinggi di klinik-klinik kecantikan. Inilah cara mudah dan sederhana mengecilkan poro-pori di wajah atau muka yang bisa dilakukan sendiri di rumah :
1. Produk kolagen
Untuk mendapatkan pori yang halus, pilih produk kecantikan yang kandungannya berfungsi untuk meningkatkan kolagen dalam kulit. Bahan ini akan membantu kulit menjadi lebih elastis dan lentur, sehingga menjauhkan kulit dari peregangan, yang menyebabkan pori-pori wajah bertambah besar dan lebar.

2. Vitamin C
Vitamin C mutlak diperlukan untuk mengecilkan pori-pori muka atau wajah. Peningkatkan produksi kolagen juga akan meningkat seiring tercukupinya kebutuhan vitamin C untuk tubuh. Anda dapat menambahkan buah-buahan sumber vitamin C sebagai menu harian.

3. Usir kulit mati
Ketika sel-sel kulit mati menumpuk, Anda akan mendapatkan pori-pori tampak membesar. Wajah juga terlihat kusam. Ide terbaik untuk mengatasinya adalah, membersihkan wajah dengan menggunakan sabun yang mengandung alpha hydroxy. Bahan ini mampu mengangkat sel kulit mati dengan baik.

4. Bebaskan sebum
Sebum dan minyak juga merupakan hal serius yang dapat merusak tampilan wajah. Pilih produk perawatan yang dirancang untuk menjaga kadar dan mengurangi produksi minyak kulit. Selain itu, lakukan facial secara rutin. Konsultasikan pada dokter Anda, berapa tenggat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan facial kembali.

5. Steam
Jika tidak memiliki banyak waktu untuk ke salon, lakukan penguapan di rumah. Ini langkah praktis untuk mengeluarkan sumbatan kotoran pada pori, sekaligus merilekskan wajah. Caranya: Gunakan air hangat yang dicampur dengan jus lemon untuk melakukan penguapan. Kemudian bilas dengan air bersih, dan ikuti dengan mengoleskan es batu untuk menutup kembali pori kulit.

6. Tanggalkan make up
Selelah apapun Anda, jangan pernah melewatkan ritual membersihkan make up sebelum tidur. Hal kecil ini justru sangat memberikan kontribusi untuk menghaluskan kulit.

7. Masker wajah
Anda juga bisa membuat sendiri masker wajah yang bekerja untuk mengecilkan pori. Coba kombinasi gel lidah buaya, telur, dan air hangat. Atau jus tomat dan bubuk calamine atau cendana. Ramuan yang lain adalah, madu, gula, air hangat, dan jus lemon sangat bagus untuk pengelupasan dan menyingkirkan minyak.
sumber:life.viva.co.id